Rabu, 12 Desember 2012

Cara Atasi Haid Tidak Lancar


Melancarkan Datang Bulan – Salah satu masalah yang terjadi pada wanita adalah menstruasi terlambat. Datang Bulan yang terlambat bisa ditimbulkan karena faktor-faktor tertentu, seperti faktor fisik dan faktor psikis. Kondisi kesehatan tertentu bisa mengakibatkan gangguan pada menstruasi yang tidak normal.

Gejala-gejala seperti migrain, mood swing atau nyeri perut bisa timbul menjelang menstruasi. Gejala-gejala tersebut dinamakan Pre Menstrual Syndrome (PMS). Bila rasa nyeri ini masih ada ketika datang masa menstruasi, hal tersebut dinamakan dysmenorrhea. Adapun kegagalan menstruasi dalam waktu yang cukup lama dinamakan dengan amenore.

Datang Bulan yang tidak lancar bisa diakibatkan karena banyak hal. Dibawah ini adalah penyebab menstruasi terlambat.

1. Adanya gangguan fungsi hormonal
Fungsi hormonal yang terganggu bisa menyebabkan menstruasi terlambat. Adanya gangguan fungsi hormonal diakibatkan oleh adanya ketidakseimbangan organ-organ yang menghasilkan hormon seperti hormon esterogen dan progesteron.

2. Berat badan yang tidak ideal
Memiliki berat badan yang kurang atau berlebih bisa menyebabkan terjadinya gangguan pada metabolisme lemak yang bisa mempengaruhi kadar esterogen dalam tubuh.

3. Nutrisi yang tidak seimbang
Makanan yang dimakan sehari-hari namun tidak mencukupi asupan nutrisi tubuh bisa menyebabkan nutrisi tidak seimbang. Nutrisi yang tidak seimbang bisa memnyebabkan menstruasi terlambat.

4. Menjalani diet yang buruk
Banyak wanita yang menjalani diet untuk menurunkan berat badan. Namun, tidak semua diet adalah baik untuk kesehatan tubuh. Ada diet yang justru malah membahayakan tubuh.

5. Siklus haid dengan rentang waktu yang lumayan lama
Hal ini kebanyakan terjadi karena tidak diawali oleh keluarnya sel telur.

6. Menderita kista
Biasanya penderita kista akan mengalami menstruasi dengan siklus yang tidak menentu. Berbeda dengan orang yang menstruasi normal, caian darah yang dikeluarkan sedikit pada penderita kista.

7. Menderita diabetes
Penyakit diabetes juga dapat menyebabkan menstruasi terlambat. Hal ini karena kadar gula darah yang berlebihan bisa menyebabkan menstruasi terlambat. Selain itu, kondisi ini juga bisa menyebabkan darah keluar secara berlebih selama menstruasi dalam jangka waktu yang cukup lama.

Ada tips-tips sederaha yang bisa diperbuat untuk membantu memperlancar menstruasi. Berikut ini adalah cara memperlancar menstruasi.

- Memperbanyak konsumsi air putih.
- Mengonsumsi jamu, ramuan atau obat yang bisa berguna untuk membantu memperlancar menstruasi.
- Mengurangi kegiatan yang membuat anda kelelahan.
- Penuhi asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.
- Tidak mengangkat beban yang berat.
- Menghindari santapan yang banyak mengandung lemak
- Melakukan kegiatan olahraga enteng, seperti joging.
- Bagi yang menderita kista, lebih baik menjauhi makanan yang asam dan pedas serta fastfood.

Demikian cara untuk memperlancar menstruasi.

keputihan ?crystal x solusinya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar